Posted by : Dian Pebriansah Sunday, 26 May 2013

AUSTRALIA

Australia terletak di belahan bumi bagian selatan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Benua Australia membentang dari garis lintang 10o 41'LS sampai garis lintang 4339'LS dan dari garis bujur 113o 09'BT sampai 153o39'BT, 

Benua Asia terletak di sebelah utara Australia, dan di sebelah selatan terletak Samudera Selatan, dan semakin ke selatan lagi terletak Benua Antartika.
Australia saling berbagi lautan dengan tetangga-tetangganya yang terdekat, yakni Indonesia dan Papua Nugini. Australia terletak di sebelah tenggara Indonesia. Pada titik batasnya yang terdekat, Australia dan Indonesia hanya terpisah beberapa kilometer saja,

Luas wilayah Australia adalah 7.682.300 km2. Lebar wilayah tersebut kira-kira 3200 km dari pantai timur ke barat dan panjangnya 3700 km dari Tanjung York di pantai utara sampai Tanjung Tenggara di Tasmania


Luas daratan Australia

Australia adalah benua terkecil, sedangkan yang terbesar adalah Asia yang luasnya 44.614.000 km2.
Australia adalah negara terbesar keenam di dunia dari segi luasnya, lebih kecil bila dibandingkan dengan Rusia, Kanada, Cina, Amerika Serikat, dan Brasil.

Negara Bagian dan Daerah Khusus

Negara Australia dibagi menjadi enam negara bagian dan dua wilayah. Keenam negara bagian tersebut adalah New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Barat, Australia Selatan dan Tasmania. Kedua wilayah tersebut adalah Wilayah Australia Utara, dan Wilayah Ibukota Australia.
Ibukota Negara bagian dan wilayah di Australia dan luasnya dapat dilihat dalam tabel di bawah ini. Canberra adalah ibukota nasional negara Australia.
Peta dalam Gambar 1 menggambarkan negara-negara bagian dan daerah khusus di Australia.
Beberapa pulau di lepas pantai seperti Pulau Cocos, Christmas dan Macquarie tidak tampak dalam gambar itu.

Pemerintahan di Australia

Negara Australia mempunyai sistem pemerintahan federal yang mengikuti tradisi demokrasi parlementer. Terdapat tiga tingkat pemerintahan, sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

Pemerintahan Negara Persemakmuran

Pada tingkat nasional, Australia diatur melalui suatu parlemen nasional yang kekuasaannya ditetapkan oleh suatu undang-undang. Undang-undang tersebut mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 1901, yakni ketika negara-negara bagian di Australia bersatu membentuk Negara Persemakmuran Australia.
Secara resmi Ratu Elizabeth II adalah Ratu Australia dan diwakili oleh seorang Gubernur Jenderal dan oleh enam Gubernur negara bagian.
Negara Bagian atau DaerahIbu Kotakm 2
New South Wales (NSW)Sydney801.600
Victoria (VIC)Melbourne227.600
Queensland (QLD)Brisbane1.727.200
Australia Barat (WA)Perth2.525.500
Australia Selatan (SA)Adelaide984.000
Tasmania (TAS)Hobart67.800
Wilayah Australia Utara (NT)Darwin1.346.200
Wilayah Ibukota Australia (ACT)Canberra2.400

Parlemen Australia

Pemerintah federal mempunyai dua dewan, yakni Dewan Perwakilan Rakyat (Majelis Rendah) dan Senat (Majelis Tinggi). Partai atau partai-partai yang mempunyai wakil terbanyak dalam Dewan Perwakilan Rakyat menjadi Pemerintah Australia dan dapat menunjuk menteri-menterinya. Yang memimpin pemerintahan adalah perdana menteri.
Dewan Perwakilan mempunyai 148 kursi atau wakil yang dibagi di antara negara-negara bagian yang ada berdasarkan jumlah penduduk. Negara bagian New South Wales mempunyai jumlah penduduk terbanyak dan Tasmania penduduknya paling sedikit. Wilayah Ibukota Australia atau Australian Capital Territory (yang disingkat ACT) dan Wilayah Australia Utara atau Northern Territory (yang disingkat NT) juga mempunyai beberapa wakil.
Senat (Majelis Tinggi) mempunyai 76 anggota: Setiap negara bagian (enam) diwakili oleh 12 senator dan terdapat dua senator dari ACT dan dua dari NT.
Undang-undang harus disahkan oleh kedua majelis ini atau oleh parlemen. Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat harus dilaksanakan setidaknya setiap tiga tahun sekali. Para anggota Senat dipilih untuk jangka waktu enam tahun tetapi anggota Senat untuk ACT dan NT dipilih hanya untuk jangka waktu tiga tahun.
Beberapa hal yang diatur oleh pemerintah federal adalah ketenagakerjaan, pendapatan dari pajak, imigrasi, bea cukai, bandara dan pertahanan.

Negara bagian

Setiap negara bagian mempunyai pemerintahan sendiri dan mempunyai sebuah parlemen. Kecuali di negara bagian Queensland (QLD), ACT dan NT, semua parlemen negara bagian mempunyai majelis rendah dan majelis tinggi.
Pemerintah negara bagian memperlakukan pajak terhadap berbagai barang dan jasa. Negara bagian mengatur hal-hal seperti pendidikan, pelayanan kesehatan, angkutan, jalan, polisi, taman-taman, pertanian, dan perlindungan margasatwa.

Pemerintahan Lokal

Pemerintahan lokal terdiri atas dewan kota (city council), dewan kotamadya (municipal council), dan dewan daerah (shire council). Terdapat kira-kira 900 badan pemerintahan lokal yang mengatur jalan-jalan setempat, pembuangan dan saluran air, kesehatan umum, pembangunan gedung, timbangan dan ukuran, taman-taman, kolam renang, perpustakaan umum, dan pusat-pusat kegiatan masyarakat.

Lambang Nasional Australia

Ada beberapa lambang nasional penting yang dipakai di seluruh Australia.

Bendera Australia

Bendera Australia
Gambar warna 1: Bendera Australia
Australia memiliki satu bendera nasional (Lihat Gambar warna 1 )dan satu bendera lain untuk setiap negara bagian dan setiap daerah khusus. Banyak pula kota-kota yang memiliki bendera sendiri.
Bendera Australia berwarna biru dan di bagian kiri atas terdapat lambang yang berasal dari bendera Inggris (Union Jack). Di bawah lambang itu terdapat bintang putih berujung tujuh yang merupakan Bintang Persemakmuran. Bintang ini mewakili enam negara bagian dan daerah-daerah khusus yang membentuk persemakmuran Australia.
Di sebelah kanan bendera terdapat konstelasi bintang pari yang merupakan salah satu konstelasi (susunan, tatanan) bintang terkemuka di angkasa bagian selatan. Konstelasi bintang ini dapat di dilihat dari Indonesia, dan tampak rendah angkasa bagian selatan

Cara menggambar peta Australia

Bahan yang diperlukan: sebuah pensil lunak, sebuah pena, dan sebuah penggaris
Bahan yang diperlukan: sebuah pensil lunak, sebuah pena, dan sebuah penggaris
Langkah-langkah untuk menggambar peta Australia
  1. Gambarlah sebuah bujur sangkar berukuran 8 x 8 cm. Bujur sangkar ini luasnya sekitar 4.000 x 4.000 km.
  2. Bagilah bujur sangkar itu menjadi kotak-kotak kecil dengan cara membuat garis-garis tegak dan mendatar yang berjarak 2 cm satu sama lain, seperti pada Gambar 1.
  3. Sekarang gunakanlah penggaris untuk menggambar garis-garis bersudut seperti pada Gambar 2.
  4. Kemudian gambarlah garis luar peta Australia dengan berpedoman pada kotak-kotak dan garis-garis bersudut seperti pada Gambar 3.
  5. Hapuslah bujur sangkar dan garis-garis kotak kecil sehingga dapat terlihat peta Australia.
Nah, sekarang jadilah sebuah peta Australia yang sederhana. Peta yang lebih besar bisa dibuat dengan menggambar bujur sangkar yang lebih besar, misalnya bujur sangkar berukuran 16 x 16 cm yang kemudian dibagi menjadi kotak-kotak kecil bersisi 4 cm.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FOROFIL NEGARA DI DUNIA - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -